Nama : Lesehan Jabresan
Alamat : Jl. Kalasan No 10, Blitar
Telepon : 085236919174
Visi :
·
Menjadi warung makan dengan konsep
lesehan tradisional yang memiliki cita rasa tinggi untuk kalangan pecinta
kuliner
Misi :
·
Menyajikan varian menu lele tradisional dengan cita rasa
berstandardisasi
restoran
·
Memberikan full servqual untuk tercapainya kepuasan konsumen
Bentuk usaha : Individu, usaha ini dimiliki perseorangan dengan
modal usaha yang diperoleh dari modal sendiri dan pinjaman dari bank
Bidang usaha : Rumah makan (barang dan jasa)
Modal :
Modal sendiri dan pinjaman dari bank
Pemilik :
Ika Krisna Wibawanti
II.
LATAR BELAKANG
Bisnis kuliner merupakan salah satu
bisnis yang paling diminati
dan memiliki prospek yang baik. Hal ini disebabkan peluang bisnis
pada sektor makanan lumayan menggiurkan. Dapat dikatakan peluang bisnis pada
sektor makanan sangat terbuka lebar karena semua manusia pasti membutuhkan
makanan. Pada era buyers market saat
ini, pengusaha dituntut untuk melakukan diferensiasi dalam bidang usaha yang
digelutinya sehingga dapat membedakan tawaran pengusaha dengan pesaingnya.
Selain itu, pengusaha juga harus meningkatkan pelayanan serta melakukan
inovasi-inovasi.
Pengusaha dituntut untuk selalu
memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Apalagi, pelaku usaha pada sektor
makanan juga sangat banyak. Salah satu
makanan kegemaran masyarakat Indonesia, khususnya di Pulau Jawa adalah ikan
lele. Dari segi cita rasa, ikan lele memiliki tekstur daging yang lezat dan
disukai konsumen. Selain cita rasanya yang enak, daging ikan lele juga tidak
dipenuhi tulang-tulang kecil seperti ikan lain, contohnya ikan mas. Hal ini
memudahkan konsumen untuk mengonsumsi daging ikan lele tanpa harus menelisik
tulang-tulang kecil yang menyelip dalam daging.
Oleh karena itu, kami memilih usaha
“lesehan jabresan”. Lesehan jabresan ini merupakan lesehan dengan konsep
tradisional dan pastinya menyediakan berbagai menu masakan lele dengan cita
rasa Nusantara. Nama jabresan sendiri merupakan bahasa jawa dari anak lele.
Karena kami mengambil konsep jawa pada lesehan ini, nama lesehannya pun harus
mengandung unsur bahasa Jawa.
Melihat peluang masih sedikitnya
warung makan di daerah Blitar yang menyediakan masakan ikan lele, lesehan
jabresan hadir di tengah masyarakat Blitar bagi pecinta masakan ikan lele.
Lokasi lesehan jabresan juga merupakan lokasi yang strategis karena berdekatan
dengan makam bung karno dan Upt perpustakaan proklamator Bung Karno. Jadi,
konsumen dapat dengan mudah mencari lokasi lesehan jabresan ini. Selain itu,
harga menu di lesehan kami juga sangat terjangkau sehingga cocok sebagai tempat
berkumpulnya keluarga, rekan kerja, anak muda, dan sebagainya.
III.
ASPEK PASAR DAN PEMASARAN
A.
Segmenting,
Targeting, dan Positioning
a.
Segmenting
Segmen pasar yang disasar untuk lesehan jabresan
berdasar pada psikografis, yaitu kelas sosial dan gaya hidup sebagai berikut.
1.
Segmen pasar berdasarkan kelas sosial
·
Kelas ekonomi menengah
·
Kelas ekonomi menengah ke bawah
·
Kelas ekonomi bawah
2.
Segmen pasar berdasarkan gaya hidup
·
Berkumpulnya anak muda atau remaja
·
Berkumpulnya keluarga, seperti acara
keluarga
b.
Targeting
Target pasar lesehan jabresan yang dibidik mencakup semua kalangan
usia, dengan kelas ekonomi menengah kebawah dengan pertimbangan harga yang
ditawarkan juga relatif terjangkau. Oleh karena itu, lesehan ini juga
diharapkan menjadi tempat yang nyaman untuk berkumpulnya kalangan remaja maupun
bersama keluarga.
c.
Positioning
Berkaitan dengan motto lesehan jabresan “bersama
lebih lezat, beramai lebih hemat”, lesehan ini memang ingin menciptakan image
(citra) pada konsumen bahwa lesehan ini cocok sebagai tempat berkumpulnya
keluarga, teman, maupun rekan kerja. Diharapkan dengan lokasi yang strategis,
lesehan yang berdekatan dengan lokasi makam bung karno dan Upt perpustakaan
proklamator Bung Karno ini menjadi daya tarik para pengunjung wisata.
B.
Program
Pemasaran
a.
Tingkat
Pelayanan
Tentu saja dalam hal pelayanan,
kami akan memberikan pelayanan prima pada setiap pengunjung yang datang.
Pelayanan yang kami berikan, salah satunya adalah jam buka warung. Jam buka di
lesehan jabresan ini antara jam 10.00 WIB sampai 22.00 WIB. Jam operasional
yang relatif lama akan memberikan tenggang waktu yang lama bagi konsumen yang
ingin datang ke lesehan kami. Selain pelayanan terbaik, kami juga akan
memberikan mutu terbaik sehingga setiap pengunjung yang datang akan merasa
puas. Untuk itu, pada lesehan jabresan ini akan menerapkan 5 C meliputi clean, careful, charming, cheer, dan chummy.
(1)
Clean
(bersih).
Yang dimaksud bersih adalah semua aspek yang berhubungan dengan usaha lesehan
jabresan. Pertama, semua pegawai yang bekerja harus dalam keadaan bersih,
misalnya pakaiannya. Kedua, produk makanan dan minuman yang dijual juga harus
bersih sehingga konsumen tidak meragukan mutu makanan lesehan jabresan. Ketiga
adalah tempat, baik tempat di dalam lesehan jabresan maupun di luar (tempat
parkir) sehingga semua pengunjung merasa nyaman.
(2)
Careful
(perhatian).
Jadi setiap pegawai harus melayani konsumen dengan penuh perhatian. Setiap
pramuniaga harus tanggap pada setiap pengunjung yang datang, pengunjung yang
datang dan telah memilih tempat harus segera dilayani, misalnya dengan
memberikan menu makanan dan minuman serta harganya. Setiap pengunjung yang
datang harus cepat dilayani.
(3)
Charming
(mempesona
atau simpatik). Semua pegawai harus memiliki kepribadian yang mempesona dan cerdas.
Jadi, pegawai lesehan jabresan harus memiliki penampilan fisik yang baik dan
sikap mental yang cerdas. Pegawai di lesehan jabresan harus memiliki
pengetahuan tentang semua masakan yang dijual.
(4)
Cheer
(gembira).
Semua pegawai harus menunjukkan sikap gembira sehingga menyenangkan pengunjung
yang datang. Semua pegawai, misalnya kasir, pramuniaga, cleaning service di lesehan jabresan harus memberi senyum pada
setiap pengunjung.
(5)
Chummy
(akrab
atau bersahabat). Pegawai harus menunjukkan sikap bersahabat, misalnya
pramuniaga harus mempunyai komunikasi yang baik dalam mencatat pesanan
pelanggan, merekomendasikan menu kepada pengunjung melalui komunikasi yg
menciptakan keakraban.
b.
Program
Promosi
Untuk menginformasikan keberadaan
lesehan jabresan yang baru saja hadir di tengah masyarakat Blitar, tentu saja
kami harus melakukan promosi. Kami akan melakukan promosi melalui media cetak,
media elektronik, dan mengikuti pameran dagang.
1.
Promosi melalui media cetak
·
Surat kabar setempat. Dengan adanya
promosi melalui surat kabar, lesehan jabresan dapat dikenali dalam cakupan
geografis (calon pelanggan di daerah Blitar).
·
Spanduk-spanduk yang dipasang di daerah
yang strategis.
·
Brosur, dengan membagikan brosur di area
wisata.
2.
Promosi melalui media elektronik
·
Melalui radio. Pengiklanan melalui
stasiun radio di daerah Blitar.
·
Melalui internet melalui website, dan
jejaring sosial (facebook dan twitter).
o
Facebook :
Lesehan Jabresan@yahoo.com
o
Twitter :
@LesehanJabresan
3.
Mengikuti pameran dagang. Kami akan
mengikuti pameran dagang dengan membuka stand pada even-even besar, misalnya
pada festival makanan atau bazar kampus. Dengan mengikuti even-even seperti
ini, calon-calon konsumen akan tertarik untuk mencoba masakan di stand kami
sehingga diharapkan terciptanya word of
mouth marketing baik pada masyarakat
lokal, maupun luar kota.
c.
Program
Distribusi
Untuk distribusi, lesehan jabresan
menyediakan layanan pesan antar melalui via telepon. Jadi pembeli tidak harus
datang ke lokasi untuk menyantap masakan di lesehan jabresan. Dengan memesan
via telepon, pembeli bisa memesan makanan dan minuman yang ditawarkan. Calon
konsumen bisa memesan dalam jumlah porsian atau untuk acara besar, misalnya selametan
atau acara ulang tahun. Dalam melakukan pelayanan pesan antar, pesanan yang
dilakukan konsumen minimal 4 porsi makanan. Atau jika konsumen melakukan
pemesanan dibawah 4 porsi, konsumen harus membayar biaya pesan antar sebesar Rp
5.000.
Sebagai sarana transportasi untuk
melakukan pelayanan pesan antar, kami menyediakan alat transportasi berupa satu
motor untuk mengantarkan pesanan khusus daerah Blitar. Dalam melakukan
pelayanan pesan antar, pegawai yang mengirimkan pesanan harus bertanggung jawab
pada pesanan pembeli. Sebelum berangkat mengantarkan pesanan, pegawai harus
mengecheck baik pesanan maupun kendaraan sebagai alat transportasinya.
Sesuai dengan salah satu misi kami
“memberikan full servqual untuk mencapai kepuasan konsumen”, kami berusaha untuk
memberikan pelayanan terbaik kami untuk kepuasan pelanggan. Baik pelayanan di
lokasi lesehan jabresan sendiri, maupun pelayanan pesan antar. Konsumen
menginginkan pelayanan yang cepat dan sebaik mungkin. Oleh karena itu, sebagai
program distribusi di lesehan jabresan ini, kami akan tetap menjaga cita rasa
untuk pesanan dalam pelayanan pesan antar. Selain itu, kami juga berusaha tepat
waktu dalam melakukan pelayanan pesan antar.
d.
Penetapan
Harga
Harga
di lesehan jabresan menyesuaikan dengan pasar sasaran yang dituju yaitu
kalangan menengah ke bawah, jadi harga di lesehan jabresan bisa dikatakan cukup
terjangkau. Kisaran harga makanan di lesehan jabresan antara Rp 6.000-Rp 9.000.
Sedangkan harga minuman dengan kisaran harga Rp 3.000 – Rp 4.000. Penetapan harga juga didasarkan
pada fasilitas-fasilitas pelayanan seperti tempat yang nyaman, kipas angin,
tempat parkir, kamar madi, dan lain-lain. Oleh karena itu, penetapan harga juga
sedikit lebih mahal dibandingkan dengan warung-warung dipinggir jalan karena
adanya fasilitas-fasilitas tambahan yang kami berikan. Walaupun demikian, harga
di lesehan jabresan merupakan harga yang kompetitif sehingga tetap terjangkau
untuk pasar sasarannya.
Selain
harga per porsi, lesehan jabresan juga memiliki harga paketan. Jadi pengunjung
yang datang beramai-ramai bersama keluarga, rekan kerja, maupun teman bisa
menikmati harga yang lebih murah. Penetapan harga ini didasarkan pada motto
kami “Bersama lebih lezat, beramai lebih
hemat”. Untuk pengunjung yang datang minimal berlima bisa menikmati harga
paketan ini (satu paket terdiri dari minimal 5 porsi). Penetapan harga paketan juga merupakan
salah satu bentuk promosi kami kepada pengunjung dengan melakukan pelayanan
harga. Untuk porsi dalam
bentuk paket hemat, akan diberikan potongan harga Rp 500 di setiap porsinya.
C.
Analisis
SWOT
a.
Srenghts (kekuatan)
(1)
Dari segi persaingan dengan tempat makan
atau warung yang lain, hanya lesehan jabresan saja yang menyediakan varian menu
lele.
(2)
Lesehan jabresan juga memiliki lokasi
yang strategis, dekat dengan tempat wisata seperti makam bung karno dan Upt
perpustakaan proklamator Bung Karno sehingga dapat menarik wisatawan untuk
berkunjung ke lesehan jabresan.
(3)
Dari segi harga, harga yang kami
tawarkan cukup terjangkau dan di lesehan jabresan juga memiliki harga paket
makanan.
(4)
Konsep desain pada lesehan jabresan ini
juga terkesan unik, dengan konsep tradisional yang berpadu dengan lokasi
lesehan sendiri.
(5)
Untuk cita rasa setiap masakan di
lesehan jabresan pastinya tidak kalah dengan masakan ala restoran.
(6)
Terdapat fasilitas seperti kipas angin,
kamar mandi, tempat salat, dan lahan parkir. Disni, kami tidak menggunakan wifi dengan pertimbangan lesehan ini
mengutamakan konsep kebersamaan dan kekeluargaan. Jika lesehan ini memberikan
fasilitas wifi, maka kemungkinan
besar setiap pengunjung akan sibuk dengan gadget
masing-masing.
(7)
Memberikan layanan pesan antar dalam
jumlah porsi maupun besar.
b.
Weaknesses (kelemahan)
(1)
Lesehan jabresan belum terlalu dikenal
oleh masyarakat karena usaha ini baru dibuka.
(2)
Pesan
antar hanya disediakan di daerah Kota blitar, tidak melayani di luar Kota
Blitar.
c.
Opportunities (peluang)
(1)
Lokasi juga bisa dijadikan peluang untuk
mengenalkan lesehan jabresan ini karena lokasi lesehan jabresan berdekatan
dengan tempat wisata. Oleh sebab itu, dengan lokasi yang strategis akan dapat
meningkatkan penjualan di lesehan jabresan. Apalagi, jika musim libur hari-hari
besar dan hari libur lainnya pastinya akan menambah jumlah wisatawan sehingga
akan menjadi peluang bagi usaha lesehan jabresan sendiri.
(2)
Belum adanya warung makan yang
menyediakan varian menu lele. Dalam membuka usaha ini, kami memiliki
pertimbangan untuk menggarap ceruk pasar yang tidak digarap pesaing kami. Oleh
karena itu, lesehan jabresan memiliki peluang untuk memasuki bisnis makanan dengan
menciptakan diferensiasi yang tidak dimiliki pesaing.
d.
Threats (Ancaman)
(1)
Munculnya pesaing baru dengan low price and high service. Tidak dapat
dipungkiri, suatu usaha yang sukses akan memunculkan pesaing-pesaing baru yang
akan merebut pasar sasaran usaha tersebut.
(2)
Tempat makan lain seperti warung dan
restoran yang sudah memiliki nama dan kepercayaan cita rasa di tengah
masyarakat.
(3)
Musim-musim tertentu yang memungkinkan sepi
wisatawan, seperti hari-hari efektif sekolah dan kerja.
IV. ASPEK TEKNIS
A.
Penentuan
Lokasi Usaha
Penentuan
lokasi merupakan salah satu hal yang berpengaruh untuk menentukan keberhasilan
usaha. Pilihan lokasi merupakan faktor bersaing yang penting dalam usaha
menarik pelanggan. Jadi pengusaha harus memiliki beberapa pertimbangan dalam
penentuan lokasi toko, misalnya penghitungan transportasi, penelitian tentang
gaya hidup atau kebiasaan konsumen, analisis lokasi persaingan, dan sebagainya.
a.
Pertimbangan
dalam Penentuan Lokasi
(1)
Letak
pasar
Usaha Lele Jabresan ini direncanakan berlokasi di Jl.
Kalasan No 10, Blitar. Lokasi ini
masih dalam satu kompleks dengan tempat wisata pemakaman mantan presiden
Indonesia pertama, Ir. Soekarno dan UPT Perpustakaan proklamator Bung Karno.
Lokasi ini sangat strategis karena berada di area keramaian yang merupakan
tempat wisata yang selalu penuh dengan kunjungan masyarakat, baik masyarakat
lokal maupun luar kota. Selain itu, lokasi ini dirasa memiliki potensi pasar
yang cukup baik sehingga bisa menjadi rujukan masyarakat sekitar dan pengunjung
untuk menikmati kuliner setelah sekian lama berwisata di area pemakaman dan
berkunjung di upt perpustakaan proklamator Bung Karno.
(2)
Letak
sumber bahan baku
Bahan baku yang diperlukan untuk pembuatan semua varian
menu yang disediakan Rumah Makan Lele Jabresan ini dan berbagai minuman juga
sangat mudah didapat di pasar tradisional. Untuk bahan baku lele, kami akan
bekerja sama dengan salah satu pemasok dari pedagang yang ada di Pasar Legi. Lokasi
usaha yang dekat dengan bahan baku memberikan keuntungan yakni biaya
pengangkutan bahan baku bisa diminimalisir. Dengan kerjasama ini diharapkan
dapat diperoleh harga yang lebih murah karena kami akan secara kontinu memesan
lele dari pemasok tersebut, dan tentunya dalam jumlah yang tidak sedikit.
Namun, kami tidak hanya bergantung pada satu pemasok saja, hal ini dilakukan
untuk pengantisipasian terhadap hal-hal yang mungkin terjadi diluar dugaan,
misal telatnya pasokan lele dari pemasok utama. Sedangkan untuk bahan pelengkap
(untuk bumbu, minuman, dll) kami tidak perlu khawatir karena bahan-bahan
tersebut banyak tersedia dipasar tradisional setiap harinya.
(3)
Tenaga
kerja
Untuk pemilihan tenaga kerja, kami akan merekrut karyawan
dari saudara pemilik yang memiliki kapasitas minimal yang telah ditetapkan.
Lesehan Jabresan mengambil konsep masakan jawa, oleh karena itu untuk kebutuhan
chef kami akan melakukan perekrutan dari ibu-ibu rumah tangga di lingkungan
sekitar lokasi usaha yang mampu membuat aneka olahan lele dengan cita rasa yang
berstandar restoran seperti yang telah disebutkan pada misi usaha rumah makan
ini. Sedangkan untuk kasir, akan di kendalikan sendiri oleh pemilik. Namun
tidak menutup kemungkinan akan dilakukan perekrutan dengan kualifikasi minimal
lulusan SMK jurusan Akuntansi.
(4)
Pesaing
Daerah wisata seperti makam Soekarno tentunya tidak
terlepas dari kuliner-kuliner khas Kota Blitar yang diperuntukkan bagi
pengunjung. Banyak aneka jajanan dan
kuliner yang akan menjadi pesaing lesehan jabresan misalnyya nasi liwet, bakso,
pecel blitar dll. Namun, hadirnya Lesehan Jabresan ini dapat menjadi alternatif
kuliner yang memang masih jarang keberadaannya di daerah Blitar sehingga diharapkan
dapat menguasai pasar.
(5)
Kemudahan
akses konsumen
Keberadaan Lesehan Jabresan yang berlokasi di Jl. Kalasan
no 10 ini sangat mudah diakses oleh masyarakat, terutama oleh
pengunjung/wisatawan karena lokasinya yang berdekatan dengan tempat wisata.
Akses pada lokasi rumah makan ini dapat dijangkau dengan jalan kaki, sepeda motor,
ataupun
mobil.
(6)
Fasilitas
air dan listrik
Lesehan Jabresan menggunakan fasilitas PLN untuk
kebutuhan listrik dan PDAM untuk kebutuhan air. Hal ini untuk menjamin pemenuhan
air bersih mengingat jenis usaha rumah makan ini di bidang kuliner yang
berhubungan dengan makanan konsumsi masyarakat. Oleh karena itu masalah
kebersihan air tentunya mendapat perhatian tersendiri.
B.
Kapasitas
Lesehan
Lesehan
jabresan hanya memiliki satu lantai namun
dengan area yang cukup luas. Konsep lesehan memerlukan area yang cukup luas sehingga
kami menghindari bangunan dengan dua lantai. Kami
merencanakan untuk menyediakan
meja berjumlah 10 lesehan dengan kapasitas maksimal sebanyak 60 pengunjung.
C.
Tata
Letak (layout)
Disain fasilitas (Lay Out) rumah makan Lesehan Jabresan
ini mengacu pada lay out fungsional
dengan pengelompokan peralatan-peralatan dapur sejenis pada suatu tempat.
Penggorengan dilakukan di space penggorengan,
begitu juga dengan proses pembakaran ataupun perebusan. Sedangkan untuk
penataan meja lesehan disesuaikan dengan luas ruangan yang tersedia dengan
memperhatikan kerapihan dan kenyamanan customer.
Luas bangunan yang disewa untuk usaha ini adalah ± 15x10
meter, dengan perincian 1 ruangan kamar mandi, 1 dapur dengan luas 3x2,5 meter
dan sisanya untuk area lesehan yang berada di muka bangunan. Bangunan yang
digunakan merupakan bangunan yang sederhana sehingga penataan fasilitas tidak
terlalu rumit dan hanya disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan kenyamanan
karyawan dan utamanya untuk pengunjung.
|
D.
Menu
dan Bahan Baku yang Dibutuhkan
Lesehan jabresan menyediakan menu
dengan berbagai macam varian masakan menggunakan bahan baku utama, yaitu lele.
Kami menyediakan pesanan per porsi dan pesanan paket hemat. Pengunjung dapat
menikmati paket hemat yang terdiri dari 5 porsi (1 bakul nasi dan 5 varian olahan lele), dengan rincian
harga tiap masakan lele tetap dan harga nasi lebih hemat. Masakan lele meliputi
lele goreng (original), lele bakar, mangut lele, dan lele rica-rica, pecak lele, pecel lele, pencok lele, dan lele bumbu
rawit.
Untuk minuman, kami menyediakan es beras kencur, es sinom, es jeruk, es teh,
teh hangat, jeruk hangat, dan es
cendol.
Lele yang digunakan sebagai bahan baku lesehan jabresan ini juga tidak terlalu
besar, kisarannya setengah kilo terdiri dari 5 sampai 6 ekor lele.
Makanan
a.
Lele
Goreng (original)
Bahan baku yang dibutuhkan untuk
bumbu lele:
·
Ikan lele
·
Minyak
·
Ketumbar
·
Bawang putih
·
Kunyit
·
Garam
·
Jeruk nipis
Bahan baku yang dibutuhkan untuk
sambal:
·
Cabe merah besar
·
Cabe rawit
·
Tomat
·
Bawang putih
·
Bawang merah
·
Kemiri
·
Jeruk limau
·
Garam
b.
Lele
Bakar
Harga
lele bakar sedikit lebih mahal dibandingkan dengan lele goreng dengan
pertimbangan tingkat kesulitan dalam memasak lebih tinggi. Harga lele bakar plus lalapan dan sambalnya Rp 8.000 per
porsi (belum termasuk nasi).
Bahan
baku yang dibutuhkan:
·
Ikan lele
·
Air asam
·
Daun serai
·
Lengkuas
·
Daun salam
·
Gula jawa
·
Air kelapa
·
Kecap
·
Bawang putih
·
Bawang merah
·
Kunyit
·
Ketumbar
·
Kemiri
·
Garam
·
Lada putih
·
Jinten
c.
Lele
Rica-rica
Lesehan jabresan juga menyediakan lele dengan
masakan pedas dengan bumbu rica-rica. Menu yang satu ini cocok bagi pengunjung
pecinta masakan pedas. Harga lele rica-rica lebih mahal dibandingkan dengan
menu masakan yang lain karena masakan ini membutuhkan cabe yang lumayan banyak.
Lele rica-rica per porsi Rp 9.000 (belum termasuk nasi).
Bahan
baku yang dibutuhkan:
·
Ikan lele
·
Daun salam
·
Lengkuas
·
Serai
·
Daun jeruk
·
Garam
·
Gula
·
Merica bubuk
·
Air
·
Minyak
·
Bawang merah
·
Bawang putih
·
Cabai merah keriting
·
Cabai merah besar
·
Cabai rawit merah
·
Tomat merah
d.
Mangut
lele
Menu
ini salah satu masakan lele yang disajikan dengan kuah. Harga mangut lele Rp
8.000 (belum termasuk nasi).
Bahan
baku yang dibutuhkan:
·
Ikan lele
·
Santan
·
Lengkuas
·
Daun salam
·
Garam
·
Gula merah
·
Bawang merah
·
Bawang putih
·
Kencur
·
Sunti
·
Cabai merah
·
Cabai rawit
·
Jahe
Pecak Lele
Pecak lele
merupakan jenis olahan lele khas nusantara yang lezat. Untuk satu porsi pecak
lele, kami membandrol harga Rp 9.000.
Bahan baku yang
dibutuhkan meliputi:
·
Lele
·
Asam jawa
·
Garam
·
Santan
·
Daun kemangi
·
Cabai merah
·
Cabai rawit
·
Kencur
·
Kemiri
·
Daun jeruk
purut
·
Garam dan gula
pasir/merah
f.
Pecel lele
Pecel lele adalah varian menu masakan jawa yang tidak boleh dilewatkan.
Cita rasa dari lahan lele ini tentunya sudah familiar di lidah masyarakat
khususnya di jawa. Untuk olahan pecel lele ini dihargai Rp 7.500 per porsi.
Bahan baku yang diperlukan :
·
Tomat merah
·
Cabe besar
merah segar
·
Bawang merah
·
Bawang putih
·
Cabe rawit
·
Kemiri
·
Gula merah
·
Garam dapur
·
Penyedap rasa
·
Minyak goreng
·
Terasi
g.
Pencok lele
Pencok
Lele adalah
makanan khas Banyumas. Meskipun
menu ini berasal dari Jawa Tengah, namun cita rasanya masih dapat diterima oleh
lidah masyarakat Jawa Timur. Harga dari Pencok lele ini adalah Rp 9.000 untuk
satu porsinya.
Bahan
baku yang dibutuhkan :
·
Ikan lele
·
Air jeruk limau
·
Kecap manis
·
Bawang putih
·
Cabai merah
·
Cabai rawit
·
Gula merah sisir
·
Terasi
·
Garam
Lele Bumbu Rawit
Lele
bumbu rawit dihargai Rp 8.500 per porsi.
Bahan
baku yang diperlukan :
·
Ikan
Lele
·
Cabai
Merah
·
Belimbing
Sayur
·
Air
Jeruk Nipis
·
Bawang
Putih
·
Garam
·
Minyak
Sayur
·
Cabai
Rawit Merah
·
Bawang
Merah
·
Bawang
Putih
·
Terasi
i.
Nasi
Putih
Kami
menyediakan nasi putih per porsi dan nasi putih untuk porsi bersama
(menggunakan bakul). Nasi putih per porsi Rp 4.000 dan untuk nasi putih satu
bakul Rp 8.000.
Bahan
baku yang dibutuhkan:
·
Air
·
Beras
Minuman
a. Es
beras kencur (Rp 3.000)
Bahan baku :
·
Kencur
·
Beras
·
Gula aren
·
Gula pasir
·
Air
·
Garam
·
Es batu
b. Es
sinom (Rp 3.500)
Bahan baku :
·
Daun asam
·
Kunyit
·
Air
·
Gula
pasir
·
Es batu
c. Es
jeruk (Rp 2.500)
Bahan baku :
·
Air
·
Jeruk
·
Gula
·
Es
batu
d. Es
teh (Rp 2.500)
Bahan baku :
·
Air
·
Teh
·
Gula
·
Es
batu
e. Es
cendol (Rp4.000)
Bahan baku :
·
Tepung sagu
·
Tepung beras
·
Air suji
·
Air
·
Santan kental
matang
·
Daun pandan,
simpulkan
·
Garam
·
Gula merah
sisir
·
Es serut
E.
Teknologi yang Digunakan
Pada
dasarnya, rumah makan Lesehan Jabresan ini mengusung konsep tradisional jawa
yang sederhana, sehingga rumah makan ini tidak didukung dengan teknologi yang
berarti. Salah satu teknologi yang digunakan dalam menunjang proses operasional
usaha hanyalah sebuah mesin kasir yang tersedia dalam 1 unit.
Sistem
pembukuan dan pencatatan seluruh penjualan maupun keuangan usaha dilakukan
secara manual oleh pemilik dan sistem pengawasan juga dilaksanakan oleh pihak
internal seperti waiters dan juga
pemilik selaku pengendali mesin kasir yang langsung bisa melakukan monitoring
terhadap jalannya proses usaha.
V. ASPEK AMDAL
A.
Dampak
positif :
1.
Menambah
rujukan kuliner yang bisa dipilih oleh masyarakat
2.
Menyumbang
pendapatan daerah dengan pembayaran PPh
3.
Memberikan
lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar
B.
Dampak
negatif
1.
Proses
pembakaran lele berupa dapat menyebabkan pencemaran udara
2.
Menghasilkan
banyak sampah dari kegiatan produksi dan kegiatan konsumsi
3.
Menyumbang
kemacetan di lingkungan sekitar karena tempat yang kurang luas dan lahan parkir
yang kurang memadai
VI. ASPEK SDM
1.
Perencanaan
SDM
Pada perencanaan SDM ini akan dilakukan analisis
spesifikasi job dan deskripsi job dari seluruh tenaga kerja yang akan membantu
operasional rumah makan Lesehan Jabresan ini. Analisis ini bertujuan untuk
memudahkan proses perekrutan dan seleksi pegawai yang memenuhi kapasitas dan
kualifikasi minimal yang telah ditetapkan pemilik selaku manajemen usaha.
Selain itu, analisis ini juga akan digunakan sebagai dasar dalam membuat keputusan
mengenai pemberian kompensasi kepada pegawai.
Lesehan Jabresan merupakan usaha dibidang penjualan
produk berupa kuliner dan pelayanan. Oleh karena itu seluruh pegawai rumah
makan ini dituntut untuk memberikan servqual
tidak hanya pada kualitas dan rasa masakan, tetapi juga pelayanan yang ekstra.
Tingkat pelayanan yang hasrus diberikan kepada pengunjung harus memenuhi 5C
yakni clean, careful,
charming, cheer, dan chummy. Pelayanan merupakan salah satu aspek promosi yang dapat
membentuk loyalitas pelanggan, sehingga secara umum, karyawan dan pegawai
Lesehan Jabresan harus memenuhi kriteria sebagai berikut.
Ø
Good looking
Ø
Jujur
dan mau bekerja keras
Ø
Bertanggung
jawab
Ø
Sopan
dan santun
Ø
Memiliki
loyalitas yang tinggi
Secara
keseluruhan, semua pegawai harus memberikan full
servqual kepada pengunjung yang datang. Sopan, santun dan keramahan harus
selalu diutamakan demi tercapainya kepuasan pelanggan.
3.
Analisis
Jabatan
Analisis jabatan pemilik
a.
Job
deskripsi
·
Monitoring
atas jalannya usaha
·
Perekrutan,
seleksi, dan motivasi pegawai
·
Keputusan
promosi dan kompensasi
·
Keputusan
penambahan bahan baku
Analisis jabatan
kasir
a.
Job
deskripsi
·
Jujur
dan bertanggung jawab
·
Melakukan
perhitungan dan pencatatan atas penjualan yang terjadi
·
Melakukan
pembayaran atas beban-beban yang relatif kecil
·
Menerima
pembayaran dari customer serta
memberikan kembalian yang diperlukan
·
Melakukan
rekap harian dan bulanan atas transaksi yang terjadi
b.
Job
spesifikasi
·
Pria/wanita
·
Berpenampilan
menarik
·
Usia
maksimal 30 tahun
·
Pendidikan
minimal SMK jurusan akuntansi
·
Ramah,
sopan, dan komunikatif
Analisis jabatan juru masak
a.
Job
deskripsi
·
Mampu
memasak berbagai masakan tradisional jawa
·
Jujur
dan mau bekerja keras
·
Menjaga
kebersihan, kualitas, dan cita rasa masakan
·
Melakukan
pengecekan terhadap bahan baku dan bahan penolong lainnya
·
Bisa
bekerja sama dengan tim
·
Cekatan
sehingga dapat menyajikan menu tepat waktu
b.
Job
spesifikasi
·
Wanita/ibu
rumah tangga maksimal berusia 45 tahun
·
Memiliki
pengalaman minimal 5 tahun
Analisis jabatan pelayan
a.
Job
deskripsi
·
Mampu
bersikap ramah, sopan dan santun
·
Peka
terhadap pesanan pengunjung
·
Memiliki
product acknowledge yang baik
b.
Job
spesifikasi
·
Pria/wanita
maksimal 35 tahun
·
Pendidikan
minimal SMA/SMK
·
Disiplin,
jujur, dan mau bekerja keras
·
Berpenampilan
rapi, dan menarik
Analisis jabatan cleaning servise
a.
Job
deskripsi
·
Membersihkan
seluruh area rumah makan
·
Membantu
menjaga keamanan seluruh area
·
Melakukan
jasa antar pesanan
b.
Job
spesifikasi
·
Pria
maksimal 40 tahun
·
Disiplin
dan mau bekerja keras
·
Mempunyai
sim C
4.
Proses
rekrutmen
Proses rekrutmen dilakukan dengan pemberitahuan melalui
mulut ke mulut karena pegawai yang akan direkrut merupakan kerabat dekat
pemilik atau masyarakat sekitar yang tentunya mempunya spesifikasi yang diminta
oleh Lesehan Jabresan.
5.
Seleksi
Proses seleksi hanya dilakukan dengan tes memasak bagi
jabatan juru masak. Sedangkan untuk jabatan yang lain akan dilakukan tes berupa
wawancara untuk memastikan kualifikasi calon tenaga kerja serta menyangkut
pembuatan kontrak kerja.
6.
Pelatihan
(training)
Untuk pelatihan pegawai tidak ada teknik khusus yang
diterapkan, melainkan sejenis simulasi pada tempat kerja yang sebenarnya yang
kemudian mendapat penilaian langsung dari pemilik. Disini juga akan dinilai
mengenai kemampuan pegawai untuk melakukan kerjasama tim sehingga pekerjaan dan
tanggung jawab dari masing-masing pegawai akan sesuai dengan job deskripsinya.
7.
Kompensasi
Jumlah karyawan dari Lesehan Jabresan adalah 6 orang
dengan keputusan kompensasi sebagai berikut.
a.
Kasir
(1 orang) Rp.
1.200.000
b.
Juru
masak (2 orang) @
Rp. 1.500.000
c. Pelayan (2 orang) @
Rp. 800.000
d.
Cleaning
servise (1 orang) Rp.
1.150.000
Pemilik
akan memberikan insentif khusus pada event-event tertentu, misalnya hari raya,
hari libur (biasanya pengunjung membludak), dan kenaikan gaji kepada pegawai
yang mempunyai performa baik.
VII. ASPEK KEUANGAN
A. Biaya
Operasi
Rincian biaya
|
Nominal
|
1. Biaya bahan baku dan penolong
|
240.000.000
|
2. Biaya tenaga kerja
|
83.400.000
|
3. Biaya operasional
Ø Air
Ø Listrik
|
1.200.000
2.400.000
|
Total
|
3.600.000
|
4. Sewa bangunan
|
42.000.000
|
5. Depresiasi
|
4.200.000
|
6. Biaya promosi
|
12.000.000
|
7. Biaya peralatan dan perlengkapan (termasuk 1 motor)
|
95.000.000
|
8. Depresiasi
|
5.000.000
|
9. Biaya lain-lain
|
15.000.000
|
Total biaya
|
500.200.000
|
B.
Perhitungan Sewa Gedung
Total sewa
|
Lama sewa
|
Sewa pertahun
|
336.000.000
|
8
|
42.000.000
|
C.
Estimasi pendapatan
Keterangan
|
Tahun 1
|
Tahun 2
|
Tahun 3
|
Penjualan
|
700.000.000
|
750.000.000
|
800.000.000
|
D.
Sumber dan Penggunaan Dana
Sumber Dana
|
Penggunaan dana
(per tahun)
|
Modal
sendiri 300.000.000
|
Biaya
operasional 3.600.000
|
Pinjaman 210.000.000
|
Biaya bahan
baku 240.000.000
|
Biaya tenaga
kerja 83.400.000
|
|
Biaya sewa 42.000.000
|
|
Peralatan dan
lain2 110.000.000
|
|
Total 510.000.000
|
479.000.000
|
E. Perkiraan
Laba Rugi
Keterangan
|
Tahun 1
|
Tahun 2
|
Tahun 3
|
Pendapatan
|
700.000.000
|
750.000.000
|
800.000.000
|
Biaya :
Biaya operasional
Angsuran Bank
Bunga bank
|
479.000.000
60.000.000
6.000.000
|
479.000.000
60.000.000
6.000.000
|
479.000.000
60.000.000
6.000.000
|
Sub total
|
545.000.000
|
545.000.000
|
545.000.000
|
Laba kotor
|
355.000.000
|
405.000.000
|
455.000.000
|
Pajak penghasilan
|
35.500.000
|
40.500.000
|
45.500.000
|
Laba Setelah Pajak
|
139.500.000
|
184.500.000
|
229.500.000
|
Perhitungan NPV :
NPV = Cash In
Flow – Investasi awal
=
553.500.000 – 500.200.000
=
53.300.000
Dari perhitungan diatas menunjukkan bahwa NPV (Net Present Value) bernilai positif (+).
Artinya, investasi ini layak (feasible)
untuk dilakukan.
Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.
BalasHapusNama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.
Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.
Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.
Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut
permisi kak, aku izin copas untuk referensi data . Terimakasih
BalasHapusmau makan enak cobalah Bakso Blitar yang melegenda
BalasHapusTerima kasih atas informasi yang diberikan.
BalasHapusIzin kami beri informasi seputar mesin usaha untuk jualan bensin eceran.
Mesin pom mini digital.
Pengiriman ke seluruh Indonesia.
Info : 082311159791
Harga Pom Mini
Terima kasih atas informasinya, artikel serupa bisa diliat di
BalasHapusAgen SBOBET Indonesia Terpercaya
Agen SBOBET Indonesia Terpercaya
Agen SBOBET Indonesia Terpercaya
Agen SBOBET Indonesia Terpercaya
Agen SBOBET Indonesia Terpercaya
Agen SBOBET Indonesia Terpercaya
Agen SBOBET Indonesia Terpercaya
Agen SBOBET Indonesia Terpercaya
Agen SBOBET Indonesia Terpercaya
Kabar baik!!!
BalasHapusNama saya teddy dan saya dari Jawa Tengah Indonesia dan alamat saya KP. KADU RT 10 RW 04 KEL SUKAMULYA KEC CIKUPA KAB TANGERANG BANTEN, Saya baru saja menerima pinjaman Rp 3 Miliar (Small Business Admintration (SBA) dari Perusahaan Pinjaman Dangote setelah membaca artikel dari Lady Jane Alice (ladyjanealice@gmail.com) dan Mahammad Ismali (mahammadismali234@gmail.com) tentang cara mendapatkan
pinjaman dari Perusahaan Pinjaman Dangote dengan tingkat bunga 2% tanpa lisensi atau biaya gurantor, saya baru saja melamar melalui email dan ikhlas selama prosesnya, awalnya saya takut mengira itu seperti penipuan perusahaan peminjaman sebelumnya, tetapi yang mengejutkan saya ini nyata bahwa saya juga berjanji akan memberi tahu lebih banyak orang, percayalah itu nyata 100%, pelamar lain dari negara lain juga dapat bersaksi.
Email Perusahaan Pinjaman Dangote Melalui email: Dangotegrouploandepartment@gmail.com
Email saya: teddydouble334@yahoo.com
sangat membantu bagi pemula,
BalasHapus