Toko Buku Diskon Togamas-Malang


BAB I
PENDAHULUAN
1.             Profil Perusahaan
Nama       : PT Togamas Semesta Abadi (Toko Buku Diskon Togamas)
Alamat     : Jl. Raya Dieng No. 27A-2, Malang, Jawa Timur
Telepon    : 0341-565672
Faksimili  : 0341-588941
E-mail      : dbs-malang@togamas.co.id
NPWP     : 31.255.251.6-623.000 a.n Togamas Semesta Abadi
Visi          : Toko Buku Diskon Togamas terus dikembangkan hingga menjadi   jaringan toko buku dengan harga murah dan menjadi pasangan alamiah dunia pendidikan (Natural Partner for Education Development).
Misi          : Membangun jaringan toko buku yang efisien efektif; Memanfaatkan teknologi modern dan komputerisasi; Dukungan sumber daya manusia yang professional dan handal; Berpegang teguh pada komitmen “Berpadu Membangun Masyarakat Berpengetahuan”
2.             Sejarah Awal Toko Buku Diskon Togamas
Toko Buku Diskon Togamas didirikan pada 15 Desember 1990 oleh suami isteri Johan Budhie Sava dan Swandayani. Toko ini dibangun dengan konsep Discount Store (Diskon Seumur Hidup) dimana harga buku yang ditawarkan setelah diskon lebih murah dari toko buku modern pada umumnya.
Dimulai dari toko buku kecil dengan jumlah item sekitar seribu judul buku dengan luas toko 50  dengan memanfaatkan ruang tamu rumah tinggal di kota Malang, Jawa Timur. Usaha toko buku diskon ini berkembang berkembang dengan baik, tumbuh dan menjadi besar. Saat ini Toko Buku Diskon Togamas di Kota Malang telah menempati gedung tiga lantai dengan luas 1200 dan lebih dari 30.000 item barang berupa buku dan alat tulis.
PT Togamas Semesta Abadi didirikan berdasarkan Akta Pendirian Perseroan Terbatas yang dibuat di hadapan Notaris Junjung Handoko Limantoro, SH, Notaris berkedudukan di Jalan Sumbing Nomor 23 Malang dengan Akta Pendirian Perseroan Terbatas nomor 103 tertanggal 26 Nopember 2010.
Toko Buku Diskon Togamas saat ini didukung oleh lebih dari 300 supplier buku dan alat tulis berskala nasional yang menyediakan buku anak, pre-school, TK, SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi, Komik, Novel, Bisnis, Buku Umum, Motivasi, Buku Agama, Hobi, Arsitektur, Buku Masakan, Buku Komputer, Majalah, Tabloid, Alat Tulis, Fancy, Perlengkapan sekolah, Aksesoris, Alat Olahraga dan Musik, serta masih banyak lagi yang lainnya.
Togamas juga menangani progam pengadaan buku dibeberapa instansi, diantaranya adalah Perpustakaan dan Arsip Kota Malang, Perpustakaan Bung Karno Blitar, Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta, Perpustakaan Sekolah Negeri maupun Swasta.
Letak Toko Buku Diskon Togamas ini sangat strategis, mengingat kota Malang juga dikenal sebagai kota pelajar dimana Sekolah SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta yang tentunya banyak membutuhkan buku-buku pelajaran, alat tulis, serta perlengkapan sekolah lainnya, sehingga Togamas ini mempunyai prospek penjualan yang bagus.
3.             Aspek Sumber Daya Manusia
Saat ini Togamas telah menjadi salah satu toko buku terbesar di kota Malang, dengan karyawan sebanyak 65 orang dan dibagi menjadi dua shift bekerja. Proses seleksi yang digunakan oleh Togamas sama dengan proses seleksi diperusahaan pada umumnya, di mana setiap calon pegawai yang telah memenuhi kriteria yang telah ditetapkan dan telah lolos berbagai macam tes seleksi yang diadakan maka calon pegawai tersebut akan diterima. Sistem kerja di Togamas adalah dengan sistem kontrak. Berbeda dengan karyawan bagian penjualan atau pun bagian keamanan, pelatihan hanya diperuntukkan kepada para kepala bagian yang lebih memerlukan pelatihan lebih guna menunjang pengambilan keputusan yang berkaitan dengan operasional Toko Togamas.
4.             Analisis Aspek Pasar dan Pemasaran
a.        Segmenting, Targeting, Positioning
1)        Segmenting
Sesuai dengan misi yang dimiliki oleh Togamas “Berpadu Membangun Masyarakat Berpengetahuan”, hal tersebut dapat diartikan bahwa Togamas tidak hanya bersegmen pada para pelajar, tetapi lebih untuk semua kalangan misalnya saja para petani, pedagang, umum, dan lain sebagainya. Hal tersebut tercermin dari buku, serta alat-alat tulis yang dijual Togamas.
2)        Targeting
Targeting yang dilakukan oleh Toko Buku Diskon Togamas lebih mengarah pada para pelajar, dari SD, SMP, SMA, dan perguruan tinggi. Hal tersebut tercermin dari barang-barang yang dijual, yaitu lebih banyak barang yang diperuntukan untuk pelajar dari pada untuk umum.
3)        Positioning
Toko Diskon Togamas memposisikan dirinya sebagai toko penyedia buku dan alat tulis yang diperuntukkan untuk semua kalangan dan tidak terbatas untuk pelajar saja, tetapi juga untuk kalangan umum, petani, prdagang, pengajar, dan lain sebagainya.
b.        Program Pemasaran
1)        Tingkat Pelayanan
Salah satu keunggulan bersaing yang diandalkan oleh Togamas adalah dari sistem pelayanannya. Saat ini pelayanan yang dilakukan Togamas sudah jauh berkembang dari pada pelayanan-pelayanan yang dilakukan oleh toko-toko retail pada umumnya. Hal tersebut dapat dijumpai ketika seorang pelanggan mencari buku yang dibutuhkannya dan ternyata tidak ada, maka pihak Togamas akan memberikan saran untuk membeli buku yang mempunyai komposisi sama.
Selain itu pihak dari Togamas juga selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang prima, salah satunya adalah mengarahkan calon pembeli dalam mencari buku yang dibutuhkannya.
2)        Program Promosi
Program promosi yang digunakan oleh Togamas sudah secara global, jika dulu hanya dengan mengandalkan promosi instansi-intansi pendidikan saja, saat ini kegiatan promosi sudah lebih terjadwal sehingga kegiatan promosi dapat dilakukan secara teratur. Sedangkan untuk tempat promosi saat ini selain di sekolah-sekolah, juga di perguruan-perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, perumahan, koperasi, dan lain-lain.
c.         Analisis SWOT
1)        Strenght (Kekuatan)
Togamas merupakan toko buku dengan konsep discount store yang artinya konsep toko dengan penawaran diskon seumur hidup sehingga hampir keseluruhan barang yang dijual di Togamas dijual dengan harga diskon. Sehingga hal tersebut merupakan suatu kemudahan bagi setiap masyarakat yang ingin menambah ilmu dan mencari informasi-informasi baru.
Selain hal di atas dalam menghadapi persaingannya dengan toko buku lain yang ada di kota Malang misalnya Gramedia atau Wilis, Togamas menawarkan konsep merakyat untuk tokonya. Ini artinya jika Toko Buku Diskon Togamas tidak hanya menjaring kalangan menengah keatas saja, tetapi Togamas lebih menyajikan buku dengan kualitas asli dan dengan harga yang murah. Hal tersebut digunakan untuk menarik minat dan membentuk  image Togamas adalah Toko Buku Diskon yang merakyat. Sehingga dari semua kalangan tidak ada rasa canggung untuk mengunjungi Togamas.
2)        Weakness (Kelemahan)
Karena konsep Togamas yang merakyat, maka buku-buku terbitan luar negeri yang disediakan pun masih sangat terbatas jika dibandingkan dengan Gramedia.
3)        Opportunity (Peluang)
Lokasi Togamas yang strategis, dimana banyaknya isntansi-instansi pendidikan yang ada di kota malang ini membuat Togamas mempunyai peluang yang sangat besar dalam memeroleh tingkat penjualan yang maksimal. Seiring dengan banyaknya siswa atau mahasiswa yang ada maka kebutuhan akan buku serta alat-alat tulis yang lain pun juga akan meningkat.
Dengan konsep merakyat dan diskon seumur hidup yang ditawarkan, Togamas akan menjadi salah satu alternative bagi semua kalangan baik itu kalangan menengah ke atas maupun menengah ke bawah. Sehingga jangkauan luas pasar yang dimiliki Togamas dapat menyaingi jangkauan luas pasar yang dimiliki oleh Toko Buku Gramedia, dimana Gramedia menetapkan segmen menengah ke atas untuk pasar sasarannya.
Belum ada Toko Buku Diskon serupa yang ada di kota Malang, sehingga untuk pesaing dengan karakteristik yang sama masih sangat jarang untuk dijumpai.
4)        Threat (Ancaman)
Karena biasanya Gramedia juga memberikan diskon besar-besaran untuk setiap waktu tertentu, tentunya hal tersebut akan menjadi ancaman untuk Togamas.
Banyaknya kalangan menengah ke bawah yang lebih memilih buku palsu dari pada buku asli yang harganya jauh lebih murah akan menjadi ancaman lain yang juga harus mampu dikendalikan oleh Togamas.
BAB II
IMPLEMENTASI DIFERENSIASI RETAIL OLEH TOKO BUKU DISKON TOGAMAS
1.             Penerapan Diferensiasi yang Dilakukan
a.         Sederhana
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, diferensiasi yang dilakukan oleh Togamas lebih terfokus pada diferensiasi penetapan harga dan pelayanannya. Strategi penetapan harga yang digunakan oleh Togamas adalah konsep toko dengan diskon seumur hidup. Dimana diskon merupakan salah satu daya tarik yang paling kuat dan berpengaruh pada penjualan buku dan perlengkapan-perlengkapan yang lain di Toko Buku Diskon Togamas. Mengingat segmen yang dituju adalah dari semua kalangan, jadi penetapan harga serta diskon yang mudah dijangkau oleh semua kalangan akan mempengaruhi tingkat penjualannya.
Selain diferensiasi dalam strategi penetapan harganya Toko Buku Diskon Togamas juga menerapkan diferensiasi dalam hal pelayanannya, di mana  pelayanan yang diberikan tidak sama dengan pelayanan-pelayanan yang diberikan oleh toko buku lain. Jika toko buku lain hanya memberikan pelayanan dengan seadanya saja, maka Toko Buku Diskon Togamas memberikan tawaran pelayanan yang berbeda, yaitu selain membantu pelanggan dalam mencari buku yang diinginkan pelayan toko juga akan menawarkan buku-buku pendukung yang berhubungan dengan buku yang dibutuhkan oleh pelanggan tersebut. Tetapi jika buku yang dicari pelanggan sedang kosong (habis) maka pelayan toko akan menawari pelanggan dengan buku sejenis tetapi dengan penerbit yang lain sehingga pelanggan dapat tetap memenuhi kebutuhan buku yang dicarinya.
b.        Ketepatan
Ketepatan berkaitan dengan kenyataan bahwa rumus eceran yang dipilih harus dicocokkan dengan kebutuhan dari bagian populasi yang dituju. Sesuai dengan strategi diferensiasi yang telah dipilih oleh Toko Buku Diskon Togamas, hal tersebut telah dicocokkan dengan kebutuhan segmen yang dituju. Dengan penetapan pasar sasarannya adalah semua kalangan atau global, maka Togamas juga menyesuaikan barang yang dijualnya adalah barang yang memiliki harga sesuai dengan kemampuan semua kalangan. Hal tersebut berarti harga yang disediakan mulai dari harga murah dan harga mahal dengan merek dan kualitas-kualitas yang bagus.
Selain  dari penetapan harganya karena Togamas menetapkan pasar sasaran secara global atau umum maka barang-barang termasuk buku yang disediakannya pun juga tidak terbatas pada buku-buku pelajaran saja, tetapi juga buku-buku umum. Misalnya saja buku-buku pertanian, perikanan, memasak, tabloid, komik dan buku-buku umum yang lainnya. Sehingga pengunjung Togamas tidak hanya terbatas mahasiswa dan pelajar saja, tetapi juga masyarakat umum yang berkebutuhan dengan ilmu pengetahuan yang ingin dicarinya.
c.         Konsistensi
Sebagai bukti konsistensi yang diberikan oleh Toko Buku Diskon Togamas, toko buku tersebut selalu mengadakan evaluasi kepada semua karyawan toko agar pelayanan yang diberikan merupakan pelayanan yang prima serta tidak mengalami penurunan dari setiap waktu ke waktu. Selain hal tersebut pengawasan terhadap barang-barang yang dijual tetap diperhatikan dengan harapan semua konsistensi tersebut dapat menjaga kepuasan konsumen serta menambah loyalitas para pelanggan.
2.             Dimensi yang digunakan oleh Toko Buku Diskon Togamas Guna Mencapai Diferensiasi Dalam Bisnis Ritel
Guna membedakan dirinya dengan pesaing, Toko Buku Diskon Togamas sengaja menfokuskan tokonya untuk melayani semua segmen. Hal tersebut sesuai dengan misi Togamas sendiri, yaitu “Berpadu Membangun Masyarakat Berpengetahuan”. sehingga dari sekian banyaknya dimensi diferensiasi yang dapat digunakan guna mencapai diferensiasi dalam bisnis retail maka Toko Buku Diskon Togamas akan lebih terfokus pada diferensiasi dari kedalaman jenis barang yang tersedia, harga, dan pelayanan dalam penjualannya.
Strategi diferensiasi yang diterapkan oleh manajemen toko dinilai sudah tepat, hal tersebut terbukti dengan perkembangan profitabilitas toko yang selalu berkembang setiap tahunnya.
3.             Keputusan – keputusan yang Diambil Oleh Toko Buku Diskon Togamas
Keputusan-keputusan yang akan diambil oleh Toko Buku Diskon Togamas merupakan keputusan yang akan digunakan sebagai upaya guna mencapai visi dan misi Togamas sebagai Toko Buku. Selain dengan tujuan tersebut tentunya juga bertujuan guna memaksimalkan profitabilitas yang ada guna keberlangsungan usaha dari Togamas sendiri. Tidak memungkiri bahwa tujuan sebuah perusahaan adalah untuk memakmurkan pemilik dengan cara memeroleh laba setinggi mungkin tetapi tetap dengan pertimbangan dari aspek-aspek yang akan memengaruhi keberlangsungan hidup perusahaan.
Guna menghadapi persaingan tentunya Toko Buku Diskon Togamas harus mampu mengambil keputusan yang tepat. Diantara beberapa keputusan utama dalam bisnis retailing terdapat keputusan yang berkaitan dengan pasar sasaran, pengelolaan barang dagang, lokasi toko, image toko, personil toko, desain toko, harga barang, pelayanan, dan strategi promosi toko.
a.         Keputusan pasar sasaran
Pasar sasaran merupakan unsur utama yang memiliki peran penting dalam mendirikan suatu usaha. Dimana pasar sasaran ini nantinya juga akan ikut menentukan bagaimana barang dagang yang akan dijual oleh toko, bagaimana pelayanan yang akan diberikan, penentuan lokasi toko, keputusan harga, serta promosi seperti apa yang akan dilakuakan oleh toko.
Keputusan pasar sasaran yang diambil oleh Toko Diskon Togamas terfokus pada semua kalangan, yaitu dari menengah ke atas maupun menengah ke bawah. Keputusan tersebut dipertimbangkan berdasarkan visi dan misi yang dimiliki Togamas sendiri. Dimana Togamas ingin menempatkan dirinya sebagai Toko Buku yang memiliki harga murah tetapi ingin menjadikan semua kalangan masyarakat sebagai masyarakat yang berpadu dalam pengetahuan. Sekaligus hal tersebut sebagai bukti bahwa jika seseorang ingin mendapatkan berbagai sumber ilmu yang bermanfaat tidak harus dengan harga yang mahal. Selain itu juga dengan pertimbangan harga yang murah merupakan harga yang dapat diajngkau oleh semua kalangan, karena dapat dijangkau oleh semua kalangan harapannya Toko Buku Diskon Togamas dapat mencapai profitabilitas yang maksimal.
b.        Keputusan manajemen barang dagang
Menyadari dengan keinginan pelanggan yang akan merasa puas jika kebutuhan atau keinginan buku yang mereka butuhkan dapat terpenuhi, maka Toko Buku Diskon Togamas saat ini memiliki lebih dari 300 suplier buku dan alat tulis yang berskala nasional dimana saat ini memiliki lebih dari 30.000 item barang baik berupa buku maupun alat tulis.
Persediaan barang yang diadakan oleh Toko Buku Diskon Togamas ini biasanya adalah berdasarkan tren, dengan pertimbangan suatu barang yang sedang memiliki tren akan mudah terjual sehingga perputaran modalnya pun juga akan cepat. Selain dengan pertimbangan tersebut Toko Bugu Diskon Togamas juga selalu berusaha menciptakan suatu tren baru, hal tersebut memiliki beberapa keuntungan, selain dengan mengalihkan minat konsumen dalam mencari buku yang sedang tren tetapi juga menghadirkan suatu tren baru yang mungkin pihak pesaing belum tentu juga memiliki produk buku yang sama, sehingga pihak pesaing akan sulit mengikuti inovasi yang dibuat oleh Togamas.
Sedangkan untuk pengelolaan buku yang mengalami kendala dalam penjualannya biasanya Togamas akan melakukan diskon besar-besaran agar buku tersebut cepat laku terjual dan perputaran modal dapat dilakukan secara cepat. Tetapi tidak semua buku diperlakukan demikian karena beberapa buku dari distributor tertentu dapat dikembalikan.
Pengawasan barang dagang dilakukan oleh pengawasan kamera CCTV dan pengawasan langsung oleh para pelayan toko. Adanya penjaga di depan pintu yang juga turut mengawasi situasi di dalam toko juga akan ikut membantu dalam menjaga keamanan barang dagangan yang ada.
c.         Keputusan pelayanan
Menyadari bahwa saat ini aspek pelayanan telah mendapatkan perhatian baik dalam bidang retail barang maupun jasa. Sehingga pelayanan yang diberikan oleh Toko Buku Diskon Togamas akan ditujukan guna mencapai kepuasan dan loyalitas konsumen.
Dalam memberikan layanan guna  menciptakan kepuasan dan loyalitas pelanggan pihak Togamas mulai mendeferensiasikan model pelayanannya. Jika pada toko buku lain pelayanan yang diberikan hanya dengan memberikan bantuan kepada para konsumen dalam mencari buku yang dibutuhkannya, maka hal tersebut akan berbeda dengan pelayanan yang diberikan oleh pihak Togamas. Misalnya saja ketika seorang pelanggan yang mencari barang dan kemudian barang tersebut tidak ada maka pelayan toko akan mencoba menawarkan dengan produk sejenis tetapi dengan merek yang berbeda.
Pihak Togamas juga menerapkan pelayanan secara intens. Intens di sini berarti sangat kuat. Diamana setiap pelanggan akan diupayakan memeroleh pelayanan yang prima agar mereka dapat merasa puas dengan pelayanan yang telah diberikan.
Guna mendukung tercapainya pelayanan yang dapat memuaskan dan meningkatkan loyalitas konsumen, maka setiap pagi semua karyawan akan diberikan pembekalan atau pun pengetahuan guna mendukung pelayanan yang nantinya akan diberikan kepada konsumen.
d.        Keputusan ragam produk
Dalam penyajian sebuah produk harus disesuaikan dengan harapan belanja pasar sasarannya. Oleh sebab itu Toko Buku Diskon Togamas menyediakan lebih dari 30.000 macam buku dan alat tulis dengan merek dan kualitas serta harga yang dapat disesuaikan dengan daya beli setiap pasar sasaranya. Karena pasar sasaran yang ditentukan adalah menyeluruh, maka ragam produk yang disediakan pun juga demikian yakni sudah secara global.
Dengan pertimbangan pasar sasaran mulai dari pelajar, mahasiswa, petani, peternak, dan umum maka Togamas pun juga menyediakan buku sesuai dengan kebutuhan setiap pasar sasaran tersebut, yakni dengan menyediakan buku anak, pre-school, TK, SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi, Komik, Novel, Bisnis, Buku Umum, Motivasi, Buku Agama, Hobi, Arsitektur, Buku Masakan, Buku Komputer, Majalah, Tabloid, Alat Tulis, Fancy, Perlengkapan Sekolah, Aksesoris, Alat Olahraga dan musik, serta masih banyak lagi yang lainnya.
e.         Keputusan harga
Harga peritail merupakan factor utama penentuan posisi dan harus diputuskan sesuai pasar sasarannya. Sesuai pasar sasaran yang telah ditentukan oleh Togamas sendiri yaitu dari semua kalangan, maka harga yang diputuskan pun merupakan harga yang mampu dijangkau oleh semua kalangan. Hal tersebut tidak berarti semua barang dipatok dengan harga yang murah semua atau pun mahal semua, tetapi lebih dengan menggunakan kombinasi.
Sesuai dengan visi yang dimiliki oleh Togamas sendiri, yaitu Toko Buku Diskon Togamas terus dikembangkan hingga menjadi   jaringan toko buku dengan harga murah dan menjadi pasangan alamiah dunia pendidikan (Natural Partner for Education Development). Dengan mengusung konsep toko buku diskon seumur hidup maka harga yang diterapkan pada produk buku adalah harga yang relative murah, sehingga dapat dijangkau oleh semua kalangan. Sedangkan untuk produk lain seperti peralatan tulis penetapan harganya akan disesuaikan dengan kualitas ataupun merek yang dimiliki oleh produk itu sendiri.
f.         Keputusan promosi
Guna mencapai konsumen yang diharapkan maka peritail hendaknya menggunakan alat promosi seperti periklanan, personal selling, promosi penjualan dan publisitas. Hal tersebut digunakan guna menarik pengunjung dan menciptakan pembelian.
Dalam penerapannya saat ini Toko Buku diskon Togamas sudah melakukan strategi periklanan dan promosi secara global. Jika dulunya hanya melakukan promosi dan periklanan seadanya saja seperti hanya bekerja sama dengan instansi-instansi pendidikan saja, untuk saat ini sudah berbeda dimana promosi dan periklanan sudah dilakukan secara terjadwal. Untuk tempat-tempat promosi yang dituju selain berada di Togamas sendiri biasanya berada di sekolah-sekolah, perguruan tinggi, perumahan dan bahkan koperasi.
Sedangkan untuk keputusan periklanan yang bertujuan menanamkan citra atau image toko kepada pelanggannya Togamas lebih menggunakan penanaman image harga murah pada toko bukunya. Hal tersebut terbukti dengan nama toko itu sendiri yaitu “Toko Buku Diskon Togamas”.
g.        Keputusan tempat
Lokasi merupakan hal yang sangat krusial dalam keberhasilan sebuah bisnis retail. Keadaan atau pemilihan area toko juga tergantung pada jenis barang apa yang dijual. Untuk pemilihan toko, Togamas memilih lokasi di Jl. Raya Dieng No. 27A-2, Malang. Hal tersebut dinilai strategis, kareana tempatnya yang berada di pusat kota dan dekat mudah dijangkau oleh para pelajar, mahasiswa, maupun kalangan umum. Selain itu karena tempatnya berada di jalan umum, sehingga mudah diakses juga oleh kendaraan umum seperi angkutan kota.
h.        Keputusan citra toko
Keputusan citra toko yang diambil oleh Toko buku Togamas adalah memeberikan harga murah dengan pelayanan yang maksimal. Harga yang murah tersebut dapat dilihat dari konsep toko buku yang diusung oleh Togamas, yaitu Togamas hadir sebagai toko buku yang menawarkan diskon seumur hidup. Selain hal tersebut Togamas juga menerapkan pelayanan prima guna mendapatkan citra toko yang memiliki pelayanan baik dimata konsumennya.
i.        Keputusan personal toko
Menyadari bahwa suatu bisnis yang unggul adalah bisnis yang dibangun oleh sumber daya manusia yang baik. Dengan ketrampilan, kemampuan, sikap, serta komitmen merekalah bisnis akan bisa maju. Oleh sebab itu dalam pengelolaannya Togamas mencoba selalu membekali parakaryawan tingkat atasnya dengan pelatihan-pelatihan yang nantinya akan mendukung tercapainya pekerjaan yang maksimal. Sedangkan untuk para pelayan toko selalu diberikan pembekalan pada pagi hari.
Dalam mencapai pelayanan yang maksimal saat ini Togamas telah memiliki 65 orang karyawan yang dibagi menjadi dua waktu kerja. Dalam perekrutannya pun seleksi-seleksi yang digunakan sesuai dengan standart seleksi-seleksi pada perusahaan umum lainnya, dan sifat kerjanya adalah dengan kontrak.
j.          Keputusan desain toko
Dalam penataannya togamas melakukan penataan sesuai dengan pengelompokan-pengelompokan barangnya. Lantai satu merupakan pusat alat-alat tulis dengan kualitas, merek, dan harga yang bervariatif. Dimana penataannya sesuai dengan jenis barang dan mereknya. Hal tersebut dinilai akan lebih memudahkan konsumen dalam mencari barang atau kebutuhan yang diinginkannya. Sedangkan untuk penataan buku pun juga tidak jauh beda, dimana penataannya pun juga berdasarkan jenis buku dan kemudian disusun berdasarkan penerbitnya.

2 komentar:

  1. Online Baccarat - FBCASINO
    Online Baccarat is choegocasino a very popular game among all online players. As one febcasino of the most popular games you can find online, this variation on 샌즈카지노 the game is

    BalasHapus