PENDAHULUAN
1.
Profil Perusahaan
Nama : PT Togamas Semesta Abadi (Toko Buku
Diskon Togamas)
Alamat : Jl. Raya Dieng No. 27A-2, Malang, Jawa
Timur
Telepon : 0341-565672
Faksimili : 0341-588941
E-mail : dbs-malang@togamas.co.id
NPWP : 31.255.251.6-623.000 a.n Togamas Semesta
Abadi
Visi : Toko Buku Diskon Togamas terus dikembangkan hingga
menjadi jaringan toko buku dengan harga
murah dan menjadi pasangan alamiah dunia pendidikan (Natural Partner for Education Development).
Misi : Membangun jaringan toko buku yang efisien efektif;
Memanfaatkan teknologi modern dan komputerisasi; Dukungan sumber daya manusia
yang professional dan handal; Berpegang teguh pada komitmen “Berpadu Membangun
Masyarakat Berpengetahuan”
2.
Sejarah Awal Toko Buku Diskon Togamas
Toko
Buku Diskon Togamas didirikan pada 15 Desember 1990 oleh suami isteri Johan
Budhie Sava dan Swandayani. Toko ini dibangun dengan konsep Discount Store (Diskon Seumur Hidup)
dimana harga buku yang ditawarkan setelah diskon lebih murah dari toko buku
modern pada umumnya.
Dimulai
dari toko buku kecil dengan jumlah item sekitar seribu judul buku dengan luas
toko 50
dengan memanfaatkan ruang tamu rumah tinggal
di kota Malang, Jawa Timur. Usaha toko buku diskon ini berkembang berkembang
dengan baik, tumbuh dan menjadi besar. Saat ini Toko Buku Diskon Togamas di
Kota Malang telah menempati gedung tiga lantai dengan luas 1200
dan lebih dari 30.000 item barang berupa
buku dan alat tulis.
PT
Togamas Semesta Abadi didirikan berdasarkan Akta Pendirian Perseroan Terbatas
yang dibuat di hadapan Notaris Junjung Handoko Limantoro, SH, Notaris
berkedudukan di Jalan Sumbing Nomor 23 Malang dengan Akta Pendirian Perseroan
Terbatas nomor 103 tertanggal 26 Nopember 2010.
Toko
Buku Diskon Togamas saat ini didukung oleh lebih dari 300 supplier buku dan
alat tulis berskala nasional yang menyediakan buku anak, pre-school, TK, SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi, Komik, Novel,
Bisnis, Buku Umum, Motivasi, Buku Agama, Hobi, Arsitektur, Buku Masakan, Buku
Komputer, Majalah, Tabloid, Alat Tulis, Fancy, Perlengkapan sekolah, Aksesoris,
Alat Olahraga dan Musik, serta masih banyak lagi yang lainnya.
Togamas
juga menangani progam pengadaan buku dibeberapa instansi, diantaranya adalah
Perpustakaan dan Arsip Kota Malang, Perpustakaan Bung Karno Blitar,
Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta, Perpustakaan Sekolah Negeri
maupun Swasta.
Letak Toko Buku Diskon
Togamas ini sangat strategis, mengingat kota Malang juga dikenal sebagai kota
pelajar dimana Sekolah SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi Negeri maupun
Swasta yang tentunya banyak membutuhkan buku-buku pelajaran, alat tulis, serta
perlengkapan sekolah lainnya, sehingga Togamas ini mempunyai prospek penjualan
yang bagus.
3.
Aspek Sumber Daya Manusia
Saat ini Togamas telah
menjadi salah satu toko buku terbesar di kota Malang, dengan karyawan sebanyak
65 orang dan dibagi menjadi dua shift bekerja.
Proses seleksi yang digunakan oleh Togamas sama dengan proses seleksi
diperusahaan pada umumnya, di mana setiap calon pegawai yang telah memenuhi
kriteria yang telah ditetapkan dan telah lolos berbagai macam tes seleksi yang
diadakan maka calon pegawai tersebut akan diterima. Sistem kerja di Togamas
adalah dengan sistem kontrak. Berbeda dengan karyawan bagian penjualan atau pun
bagian keamanan, pelatihan hanya diperuntukkan kepada para kepala bagian yang
lebih memerlukan pelatihan lebih guna menunjang pengambilan keputusan yang
berkaitan dengan operasional Toko Togamas.
4.
Analisis Aspek Pasar dan Pemasaran
a.
Segmenting,
Targeting, Positioning
1)
Segmenting
Sesuai
dengan misi yang dimiliki oleh Togamas “Berpadu Membangun Masyarakat
Berpengetahuan”, hal tersebut dapat diartikan bahwa Togamas tidak hanya
bersegmen pada para pelajar, tetapi lebih untuk semua kalangan misalnya saja
para petani, pedagang, umum, dan lain sebagainya. Hal tersebut tercermin dari
buku, serta alat-alat tulis yang dijual Togamas.
2)
Targeting
Targeting
yang dilakukan oleh Toko Buku Diskon Togamas lebih mengarah pada para pelajar,
dari SD, SMP, SMA, dan perguruan tinggi. Hal tersebut tercermin dari
barang-barang yang dijual, yaitu lebih banyak barang yang diperuntukan untuk
pelajar dari pada untuk umum.
3)
Positioning
Toko
Diskon Togamas memposisikan dirinya sebagai toko penyedia buku dan alat tulis
yang diperuntukkan untuk semua kalangan dan tidak terbatas untuk pelajar saja,
tetapi juga untuk kalangan umum, petani, prdagang, pengajar, dan lain
sebagainya.
b.
Program Pemasaran
1)
Tingkat Pelayanan
Salah
satu keunggulan bersaing yang diandalkan oleh Togamas adalah dari sistem
pelayanannya. Saat ini pelayanan yang dilakukan Togamas sudah jauh berkembang
dari pada pelayanan-pelayanan yang dilakukan oleh toko-toko retail pada
umumnya. Hal tersebut dapat dijumpai ketika seorang pelanggan mencari buku yang
dibutuhkannya dan ternyata tidak ada, maka pihak Togamas akan memberikan saran
untuk membeli buku yang mempunyai komposisi sama.
Selain
itu pihak dari Togamas juga selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang
prima, salah satunya adalah mengarahkan calon pembeli dalam mencari buku yang
dibutuhkannya.
2)
Program Promosi
Program
promosi yang digunakan oleh Togamas sudah secara global, jika dulu hanya dengan
mengandalkan promosi instansi-intansi pendidikan saja, saat ini kegiatan
promosi sudah lebih terjadwal sehingga kegiatan promosi dapat dilakukan secara
teratur. Sedangkan untuk tempat promosi saat ini selain di sekolah-sekolah,
juga di perguruan-perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, perumahan,
koperasi, dan lain-lain.
c.
Analisis SWOT
1)
Strenght
(Kekuatan)
Togamas
merupakan toko buku dengan konsep discount
store yang artinya konsep toko dengan penawaran diskon seumur hidup sehingga hampir keseluruhan barang yang
dijual di Togamas dijual dengan harga diskon. Sehingga hal tersebut merupakan
suatu kemudahan bagi setiap masyarakat yang ingin menambah ilmu dan mencari
informasi-informasi baru.
Selain
hal di atas dalam menghadapi persaingannya dengan toko buku lain yang ada di
kota Malang misalnya Gramedia atau Wilis, Togamas menawarkan konsep merakyat
untuk tokonya. Ini artinya jika Toko Buku Diskon Togamas tidak hanya menjaring
kalangan menengah keatas saja, tetapi Togamas lebih menyajikan buku dengan
kualitas asli dan dengan harga yang murah. Hal tersebut digunakan untuk menarik
minat dan membentuk image Togamas adalah
Toko Buku Diskon yang merakyat. Sehingga dari semua kalangan tidak ada rasa
canggung untuk mengunjungi Togamas.
2)
Weakness
(Kelemahan)
Karena
konsep Togamas yang merakyat, maka buku-buku terbitan luar negeri yang
disediakan pun masih sangat terbatas jika dibandingkan dengan Gramedia.
3)
Opportunity
(Peluang)
Lokasi
Togamas yang strategis, dimana banyaknya isntansi-instansi pendidikan yang ada
di kota malang ini membuat Togamas mempunyai peluang yang sangat besar dalam
memeroleh tingkat penjualan yang maksimal. Seiring dengan banyaknya siswa atau
mahasiswa yang ada maka kebutuhan akan buku serta alat-alat tulis yang lain pun
juga akan meningkat.
Dengan
konsep merakyat dan diskon seumur hidup yang ditawarkan, Togamas akan menjadi
salah satu alternative bagi semua kalangan baik itu kalangan menengah ke atas
maupun menengah ke bawah. Sehingga jangkauan luas pasar yang dimiliki Togamas
dapat menyaingi jangkauan luas pasar yang dimiliki oleh Toko Buku Gramedia,
dimana Gramedia menetapkan segmen menengah ke atas untuk pasar sasarannya.
Belum
ada Toko Buku Diskon serupa yang ada di kota Malang, sehingga untuk pesaing
dengan karakteristik yang sama masih sangat jarang untuk dijumpai.
4)
Threat
(Ancaman)
Karena
biasanya Gramedia juga memberikan diskon besar-besaran untuk setiap waktu
tertentu, tentunya hal tersebut akan menjadi ancaman untuk Togamas.
Banyaknya
kalangan menengah ke bawah yang lebih memilih buku palsu dari pada buku asli
yang harganya jauh lebih murah akan menjadi ancaman lain yang juga harus mampu
dikendalikan oleh Togamas.
BAB
II
IMPLEMENTASI
DIFERENSIASI RETAIL OLEH TOKO BUKU DISKON TOGAMAS
1.
Penerapan Diferensiasi yang Dilakukan
a.
Sederhana
Berdasarkan
hasil observasi yang dilakukan, diferensiasi yang dilakukan oleh Togamas lebih
terfokus pada diferensiasi penetapan harga dan pelayanannya. Strategi penetapan
harga yang digunakan oleh Togamas adalah konsep toko dengan diskon seumur
hidup. Dimana diskon merupakan salah satu daya tarik yang paling kuat dan
berpengaruh pada penjualan buku dan perlengkapan-perlengkapan yang lain di Toko
Buku Diskon Togamas. Mengingat segmen yang dituju adalah dari semua kalangan,
jadi penetapan harga serta diskon yang mudah dijangkau oleh semua kalangan akan
mempengaruhi tingkat penjualannya.
Selain
diferensiasi dalam strategi penetapan harganya Toko Buku Diskon Togamas juga
menerapkan diferensiasi dalam hal pelayanannya, di mana pelayanan yang diberikan tidak sama dengan
pelayanan-pelayanan yang diberikan oleh toko buku lain. Jika toko buku lain
hanya memberikan pelayanan dengan seadanya saja, maka Toko Buku Diskon Togamas
memberikan tawaran pelayanan yang berbeda, yaitu selain membantu pelanggan
dalam mencari buku yang diinginkan pelayan toko juga akan menawarkan buku-buku
pendukung yang berhubungan dengan buku yang dibutuhkan oleh pelanggan tersebut.
Tetapi jika buku yang dicari pelanggan sedang kosong (habis) maka pelayan toko
akan menawari pelanggan dengan buku sejenis tetapi dengan penerbit yang lain
sehingga pelanggan dapat tetap memenuhi kebutuhan buku yang dicarinya.
b.
Ketepatan
Ketepatan
berkaitan dengan kenyataan bahwa rumus eceran yang dipilih harus dicocokkan
dengan kebutuhan dari bagian populasi yang dituju. Sesuai dengan strategi
diferensiasi yang telah dipilih oleh Toko Buku Diskon Togamas, hal tersebut
telah dicocokkan dengan kebutuhan segmen yang dituju. Dengan penetapan pasar
sasarannya adalah semua kalangan atau global, maka Togamas juga menyesuaikan
barang yang dijualnya adalah barang yang memiliki harga sesuai dengan kemampuan
semua kalangan. Hal tersebut berarti harga yang disediakan mulai dari harga
murah dan harga mahal dengan merek dan kualitas-kualitas yang bagus.
Selain dari penetapan harganya karena Togamas
menetapkan pasar sasaran secara global atau umum maka barang-barang termasuk
buku yang disediakannya pun juga tidak terbatas pada buku-buku pelajaran saja,
tetapi juga buku-buku umum. Misalnya saja buku-buku pertanian, perikanan,
memasak, tabloid, komik dan buku-buku umum yang lainnya. Sehingga pengunjung
Togamas tidak hanya terbatas mahasiswa dan pelajar saja, tetapi juga masyarakat
umum yang berkebutuhan dengan ilmu pengetahuan yang ingin dicarinya.
c.
Konsistensi
Sebagai bukti
konsistensi yang diberikan oleh Toko Buku Diskon Togamas, toko buku tersebut
selalu mengadakan evaluasi kepada semua karyawan toko agar pelayanan yang
diberikan merupakan pelayanan yang prima serta tidak mengalami penurunan dari
setiap waktu ke waktu. Selain hal tersebut pengawasan terhadap barang-barang
yang dijual tetap diperhatikan dengan harapan semua konsistensi tersebut dapat
menjaga kepuasan konsumen serta menambah loyalitas para pelanggan.
2.
Dimensi yang digunakan oleh Toko Buku
Diskon Togamas Guna Mencapai Diferensiasi Dalam Bisnis Ritel
Guna
membedakan dirinya dengan pesaing, Toko Buku Diskon Togamas sengaja menfokuskan
tokonya untuk melayani semua segmen. Hal tersebut sesuai dengan misi Togamas
sendiri, yaitu “Berpadu Membangun Masyarakat Berpengetahuan”. sehingga dari
sekian banyaknya dimensi diferensiasi yang dapat digunakan guna mencapai
diferensiasi dalam bisnis retail maka Toko Buku Diskon Togamas akan lebih
terfokus pada diferensiasi dari kedalaman jenis barang yang tersedia, harga,
dan pelayanan dalam penjualannya.
Strategi diferensiasi
yang diterapkan oleh manajemen toko dinilai sudah tepat, hal tersebut terbukti
dengan perkembangan profitabilitas toko yang selalu berkembang setiap tahunnya.
3.
Keputusan – keputusan yang Diambil Oleh
Toko Buku Diskon Togamas
Keputusan-keputusan
yang akan diambil oleh Toko Buku Diskon Togamas merupakan keputusan yang akan
digunakan sebagai upaya guna mencapai visi dan misi Togamas sebagai Toko Buku.
Selain dengan tujuan tersebut tentunya juga bertujuan guna memaksimalkan
profitabilitas yang ada guna keberlangsungan usaha dari Togamas sendiri. Tidak
memungkiri bahwa tujuan sebuah perusahaan adalah untuk memakmurkan pemilik
dengan cara memeroleh laba setinggi mungkin tetapi tetap dengan pertimbangan
dari aspek-aspek yang akan memengaruhi keberlangsungan hidup perusahaan.
Guna
menghadapi persaingan tentunya Toko Buku Diskon Togamas harus mampu mengambil
keputusan yang tepat. Diantara beberapa keputusan utama dalam bisnis retailing
terdapat keputusan yang berkaitan dengan pasar sasaran, pengelolaan barang
dagang, lokasi toko, image toko, personil toko, desain toko, harga barang,
pelayanan, dan strategi promosi toko.
a.
Keputusan pasar sasaran
Pasar
sasaran merupakan unsur utama yang memiliki peran penting dalam mendirikan
suatu usaha. Dimana pasar sasaran ini nantinya juga akan ikut menentukan
bagaimana barang dagang yang akan dijual oleh toko, bagaimana pelayanan yang
akan diberikan, penentuan lokasi toko, keputusan harga, serta promosi seperti
apa yang akan dilakuakan oleh toko.
Keputusan
pasar sasaran yang diambil oleh Toko Diskon Togamas terfokus pada semua
kalangan, yaitu dari menengah ke atas maupun menengah ke bawah. Keputusan
tersebut dipertimbangkan berdasarkan visi dan misi yang dimiliki Togamas
sendiri. Dimana Togamas ingin menempatkan dirinya sebagai Toko Buku yang
memiliki harga murah tetapi ingin menjadikan semua kalangan masyarakat sebagai
masyarakat yang berpadu dalam pengetahuan. Sekaligus hal tersebut sebagai bukti
bahwa jika seseorang ingin mendapatkan berbagai sumber ilmu yang bermanfaat
tidak harus dengan harga yang mahal. Selain itu juga dengan pertimbangan harga
yang murah merupakan harga yang dapat diajngkau oleh semua kalangan, karena
dapat dijangkau oleh semua kalangan harapannya Toko Buku Diskon Togamas dapat
mencapai profitabilitas yang maksimal.
b.
Keputusan manajemen barang dagang
Menyadari
dengan keinginan pelanggan yang akan merasa puas jika kebutuhan atau keinginan
buku yang mereka butuhkan dapat terpenuhi, maka Toko Buku Diskon Togamas saat
ini memiliki lebih dari 300 suplier buku dan alat tulis yang berskala nasional
dimana saat ini memiliki lebih dari 30.000 item barang baik berupa buku maupun
alat tulis.
Persediaan
barang yang diadakan oleh Toko Buku Diskon Togamas ini biasanya adalah
berdasarkan tren, dengan pertimbangan suatu barang yang sedang memiliki tren
akan mudah terjual sehingga perputaran modalnya pun juga akan cepat. Selain
dengan pertimbangan tersebut Toko Bugu Diskon Togamas juga selalu berusaha menciptakan
suatu tren baru, hal tersebut memiliki beberapa keuntungan, selain dengan
mengalihkan minat konsumen dalam mencari buku yang sedang tren tetapi juga
menghadirkan suatu tren baru yang mungkin pihak pesaing belum tentu juga
memiliki produk buku yang sama, sehingga pihak pesaing akan sulit mengikuti
inovasi yang dibuat oleh Togamas.
Sedangkan
untuk pengelolaan buku yang mengalami kendala dalam penjualannya biasanya
Togamas akan melakukan diskon besar-besaran agar buku tersebut cepat laku
terjual dan perputaran modal dapat dilakukan secara cepat. Tetapi tidak semua
buku diperlakukan demikian karena beberapa buku dari distributor tertentu dapat
dikembalikan.
Pengawasan
barang dagang dilakukan oleh pengawasan kamera CCTV dan pengawasan langsung
oleh para pelayan toko. Adanya penjaga di depan pintu yang juga turut mengawasi
situasi di dalam toko juga akan ikut membantu dalam menjaga keamanan barang
dagangan yang ada.
c.
Keputusan pelayanan
Menyadari
bahwa saat ini aspek pelayanan telah mendapatkan perhatian baik dalam bidang
retail barang maupun jasa. Sehingga pelayanan yang diberikan oleh Toko Buku
Diskon Togamas akan ditujukan guna mencapai kepuasan dan loyalitas konsumen.
Dalam
memberikan layanan guna menciptakan
kepuasan dan loyalitas pelanggan pihak Togamas mulai mendeferensiasikan model
pelayanannya. Jika pada toko buku lain pelayanan yang diberikan hanya dengan
memberikan bantuan kepada para konsumen dalam mencari buku yang dibutuhkannya,
maka hal tersebut akan berbeda dengan pelayanan yang diberikan oleh pihak
Togamas. Misalnya saja ketika seorang pelanggan yang mencari barang dan
kemudian barang tersebut tidak ada maka pelayan toko akan mencoba menawarkan
dengan produk sejenis tetapi dengan merek yang berbeda.
Pihak
Togamas juga menerapkan pelayanan secara intens. Intens di sini berarti sangat
kuat. Diamana setiap pelanggan akan diupayakan memeroleh pelayanan yang prima
agar mereka dapat merasa puas dengan pelayanan yang telah diberikan.
Guna
mendukung tercapainya pelayanan yang dapat memuaskan dan meningkatkan loyalitas
konsumen, maka setiap pagi semua karyawan akan diberikan pembekalan atau pun
pengetahuan guna mendukung pelayanan yang nantinya akan diberikan kepada
konsumen.
d.
Keputusan ragam produk
Dalam
penyajian sebuah produk harus disesuaikan dengan harapan belanja pasar
sasarannya. Oleh sebab itu Toko Buku Diskon Togamas menyediakan lebih dari
30.000 macam buku dan alat tulis dengan merek dan kualitas serta harga yang
dapat disesuaikan dengan daya beli setiap pasar sasaranya. Karena pasar sasaran
yang ditentukan adalah menyeluruh, maka ragam produk yang disediakan pun juga
demikian yakni sudah secara global.
Dengan
pertimbangan pasar sasaran mulai dari pelajar, mahasiswa, petani, peternak, dan
umum maka Togamas pun juga menyediakan buku sesuai dengan kebutuhan setiap
pasar sasaran tersebut, yakni dengan menyediakan buku anak, pre-school, TK, SD, SMP, SMA, Perguruan
Tinggi, Komik, Novel, Bisnis, Buku Umum, Motivasi, Buku Agama, Hobi,
Arsitektur, Buku Masakan, Buku Komputer, Majalah, Tabloid, Alat Tulis, Fancy,
Perlengkapan Sekolah, Aksesoris, Alat Olahraga dan musik, serta masih banyak
lagi yang lainnya.
e.
Keputusan harga
Harga
peritail merupakan factor utama penentuan posisi dan harus diputuskan sesuai
pasar sasarannya. Sesuai pasar sasaran yang telah ditentukan oleh Togamas
sendiri yaitu dari semua kalangan, maka harga yang diputuskan pun merupakan
harga yang mampu dijangkau oleh semua kalangan. Hal tersebut tidak berarti
semua barang dipatok dengan harga yang murah semua atau pun mahal semua, tetapi
lebih dengan menggunakan kombinasi.
Sesuai
dengan visi yang dimiliki oleh Togamas sendiri, yaitu Toko Buku Diskon Togamas
terus dikembangkan hingga menjadi
jaringan toko buku dengan harga murah dan menjadi pasangan alamiah dunia
pendidikan (Natural Partner for Education
Development). Dengan mengusung konsep toko buku diskon seumur hidup maka
harga yang diterapkan pada produk buku adalah harga yang relative murah, sehingga
dapat dijangkau oleh semua kalangan. Sedangkan untuk produk lain seperti
peralatan tulis penetapan harganya akan disesuaikan dengan kualitas ataupun
merek yang dimiliki oleh produk itu sendiri.
f.
Keputusan promosi
Guna
mencapai konsumen yang diharapkan maka peritail hendaknya menggunakan alat
promosi seperti periklanan, personal selling, promosi penjualan dan publisitas.
Hal tersebut digunakan guna menarik pengunjung dan menciptakan pembelian.
Dalam
penerapannya saat ini Toko Buku diskon Togamas sudah melakukan strategi
periklanan dan promosi secara global. Jika dulunya hanya melakukan promosi dan
periklanan seadanya saja seperti hanya bekerja sama dengan instansi-instansi
pendidikan saja, untuk saat ini sudah berbeda dimana promosi dan periklanan
sudah dilakukan secara terjadwal. Untuk tempat-tempat promosi yang dituju
selain berada di Togamas sendiri biasanya berada di sekolah-sekolah, perguruan
tinggi, perumahan dan bahkan koperasi.
Sedangkan
untuk keputusan periklanan yang bertujuan menanamkan citra atau image toko
kepada pelanggannya Togamas lebih menggunakan penanaman image harga murah pada
toko bukunya. Hal tersebut terbukti dengan nama toko itu sendiri yaitu “Toko
Buku Diskon Togamas”.
g.
Keputusan tempat
Lokasi
merupakan hal yang sangat krusial dalam keberhasilan sebuah bisnis retail.
Keadaan atau pemilihan area toko juga tergantung pada jenis barang apa yang
dijual. Untuk pemilihan toko, Togamas memilih lokasi di Jl. Raya Dieng No.
27A-2, Malang. Hal tersebut dinilai strategis, kareana tempatnya yang berada di
pusat kota dan dekat mudah dijangkau oleh para pelajar, mahasiswa, maupun
kalangan umum. Selain itu karena tempatnya berada di jalan umum, sehingga mudah
diakses juga oleh kendaraan umum seperi angkutan kota.
h.
Keputusan citra toko
Keputusan
citra toko yang diambil oleh Toko buku Togamas adalah memeberikan harga murah
dengan pelayanan yang maksimal. Harga yang murah tersebut dapat dilihat dari konsep
toko buku yang diusung oleh Togamas, yaitu Togamas hadir sebagai toko buku yang
menawarkan diskon seumur hidup. Selain hal tersebut Togamas juga menerapkan
pelayanan prima guna mendapatkan citra toko yang memiliki pelayanan baik dimata
konsumennya.
i.
Keputusan personal toko
Menyadari
bahwa suatu bisnis yang unggul adalah bisnis yang dibangun oleh sumber daya
manusia yang baik. Dengan ketrampilan, kemampuan, sikap, serta komitmen
merekalah bisnis akan bisa maju. Oleh sebab itu dalam pengelolaannya Togamas
mencoba selalu membekali parakaryawan tingkat atasnya dengan
pelatihan-pelatihan yang nantinya akan mendukung tercapainya pekerjaan yang
maksimal. Sedangkan untuk para pelayan toko selalu diberikan pembekalan pada
pagi hari.
Dalam
mencapai pelayanan yang maksimal saat ini Togamas telah memiliki 65 orang
karyawan yang dibagi menjadi dua waktu kerja. Dalam perekrutannya pun
seleksi-seleksi yang digunakan sesuai dengan standart seleksi-seleksi pada
perusahaan umum lainnya, dan sifat kerjanya adalah dengan kontrak.
j.
Keputusan desain toko
Dalam
penataannya togamas melakukan penataan sesuai dengan
pengelompokan-pengelompokan barangnya. Lantai satu merupakan pusat alat-alat
tulis dengan kualitas, merek, dan harga yang bervariatif. Dimana penataannya
sesuai dengan jenis barang dan mereknya. Hal tersebut dinilai akan lebih
memudahkan konsumen dalam mencari barang atau kebutuhan yang diinginkannya.
Sedangkan untuk penataan buku pun juga tidak jauh beda, dimana penataannya pun
juga berdasarkan jenis buku dan kemudian disusun berdasarkan penerbitnya.
menarik Kak, terimakaish atas informasinya...
BalasHapusAplikasi Kasir di Android
Online Baccarat - FBCASINO
BalasHapusOnline Baccarat is choegocasino a very popular game among all online players. As one febcasino of the most popular games you can find online, this variation on 샌즈카지노 the game is